Minggu, 07 Agustus 2011

Hardware Untuk Membangun Jaringan

Weey udah lama banget gua ngga ngeblog, sampe sekarang masih ngga ngerti ngeblog kaya gimana. Oke gua akan posting di blog yang baru ini dalam rangka mengerjakan tugas sekolah. Cekidot guys!

Dalam membangun sebuah jaringan, kita membutuhkan beberapa perangkat keras (hardware) yang dibutuhkan. Diantaranya yaitu...

    • Network Interface Card (NIC)/Network
      Adapter, digunakan untuk menghubungkan computer ke kabel yang digunakan pada local area network (LAN). Umumnya, NIC ditempatkan pada komputerexpansion bus melalui slot ISA (8 bit atau 16 bit) atau PCI (32 bitatau 64 bit). NIC mempunyai satu atau lebih port eksternal yang digunakan untuk menempatkan kabel networknya. Fungsi utama dari NIC adalah mengijinkan komputer untuk berkomunikasi dalam network. Terdapat 2 macam NIC, yaitu:

      • Ethernet Card
      Ethernet Card biasanya telah menyediakan port koneksi untuk kabel koaksial ataupun kabel twisted pair. Ethernet Card untuk kabel koaksial menggunakan konektor BNC dan untuk kabel twisted pair menggunakan konektor RJ-45. Alat ini dilengkapi dengan tiga macam fungsi:

      1. Sebagai interface, ia menggunakan konektor RJ-45. Proses instalasinya cukup mudah yaitu dengan menghubungkan keluaran dari Ethernet card di PC/Notebook ke konektor RJ-45 di alat ini.
      2. Sebagai Access Point. Pada mode ini, proses instalasi relatif lebih mudah karena Anda hanya perlu menghubungkan alat ini ke switch atau router dan melakukan konfigurasi.
      3. Sebagai repeater yang kompatibel dengan WDS. Pada mode ini, ia bisa diletakkan pada titik di mana sinyal wireless Anda sudah mulai melemah. Sebagai repeater, ia akan memperkuat sinyal yang lemah tersebut.

      • Local Talk Connector
      LocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya. Asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mps.
       
       
       
      • Token Ring Card
        Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang Kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network. 

        • HUB (konsentrator)

        HUB ( konsentrator ) adalah perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server, atau perangkat lainnya. Hub berfungsi mengirimkan data ke semua host tanpa kecuali.

        • Kabel UTP

        UTP merupakan singkatan Unshielded Twisted Pair, yaitu kabel yang terdiri dari 4 pasang (biru, oranye, hijau, dan coklat) kabel yang dipilin menurut aturan tertentu dan digunakan untuk mentransfer/menerima data. Terdapat 5 kategori kabel UTP, yaitu:


        Kategori 1: Untuk koneksi suara/sambungan telepon.
        Kategori 2: Untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps.
        Kategori 3: Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.
        Kategori 4: Untuk protocol 16 Mbps Token Ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.


        • Konektor 

        Konektor adalah kotak info untuk segala jenis konektor listrik dan sinyal (audio/video).
          a. Konektor BNC
          Sebuah penghubung kabel koaksial pada jaringan LAN yang memiliki sebuah male BNC dan dua female BNC. Bentuk alat ini mirip dengan huruf (T).
          b. Konektor RJ-45
          Konektor standar untuk kabel Ethernet cat 5.




          • Repeater
            

          Alat yang digunakan untuk menerima sinyal dari satu segmen kabel LAN dan memancarkannya kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel LAN yang lain. Dengan adanya alat ini, jarak antar jaringan komputer dapat dibuat lebih jauh.

          • Bridge
          Berfungsi untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Perangkat yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa buah segmen jaringan komputer (LAN) yang sama ataupun berbeda, misalnya jaringan Ethernet dengan Token Ring, lebih cepat daripada Router dan lebih handal, karena paket yang didapat akan langsung dikirim ke alamat yang dituju tanpa ada proses pengecekan  dan tanpa ada routing kembali.

          • Router

          Sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalu proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua buah atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.


          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar