Minggu, 14 Agustus 2011

Fasilitas-Fasilitas Dalam Internet

Hoho siang semuanya, kali ini gua akan ngepost lagi di blog yg masih "fresh" ini. Postingan gua kali ini tentang fasilitas-fasilitas yang ada dalam internet. Langsung aja yaa cekidot!

1. Word Wide Web (www)

www??? apaan tuh?? Biasanya kita sering nemu tulisan "www" kalo kita lagi internetan. Semisal www.twitter.com, www.facebook.com, www.google.co.id, dll. Tapi, sebenernya apa sih arti dari "www" itu?

www (Word Wide Web) atau yang anak muda sering bilang tripel dabelyu merupakan fasilitas yang berisi database terdistribusi. Lu bisa ngakses berbagai informasi melalui web baik berupa teks, gambar, video, film, dll. Banyak deh pokoknya.

2. Blog 

Banyak orang yg memiliki fasilitas ini, katanya sih ini tempat curhat online. Tapi isinya ngga tentang curhat mulu ko. Blog merupakan situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya tuh isinya seputar catatan pribadi, liputan kegiatan, dan masih banyak lagi pokoknya.

Kalo lu mau buat blog gampang aja, lu terlebih dahulu harus daftar ke situs web yang menyediakan layanan blog, misalnya blogger, wordpress, dan blogspot. Banyak blog yg terkenal sebenenya, kaya blognya Raditya Dika (gua lupa URLnya apaan hehe :p). Sebenernya blog gua juga terkenal, tapi nanti (apaan sih jayus banget gua)

3. Toko Online

Hiyaloo biasanya yg demen belanja lewat internet ngerti ini apaan. Fasilitas ini menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Lu gak usah repot-repot pergi ke mall untuk beli barang, cukup dengan belanja online pun barang yang lu pengen bakal nyampe segera. Biasanya pengiriman barang menggunakan jasa kantor pos/titipan kilat.

4. E-Mail

Siapa coba hari gene yang gak punya e-mail? Kalo lu belum punya, daftar segera guys. E-mail menawarkan banyak kemudahan. Lu bisa berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang-orang dari segala penjuru dunia hanya dengan duduk di depan komputer rumah. Wow!! Ko bisa sih, Bay? Bisa laaah. E-mail yang paling populer saat ini adalah yg berbasis web, semisal Yahoo!Mail dan Gmail. Tenang, semuanya gratiisss!

5. Mailing List dan Forum Diskusi

"Ini bedanya apaan sih???" Hmm sini deh gua jelasin. Jadi perbedaan utamanya itu terletak pada sarana yang digunakan. Kalo Forum diskusi menggunakan sarana web sedangkan mailing list menggunakan sarana e-mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar